Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Melihat banyak hutan yang dimiliki oleh Indonesia, seiring dengan perkembangan teknologi dan pengolahan hutan, banyak sektor industri yang memanfaatkan hutan sebagai kawasan terpadu dan berwawasan. Ditambah lagi dengan kemudahan dalam sewa alat berat sehingga membuat pembangunan berjalan dengan mudah dan lancar.

Sewa Alat Berat Untuk Sektor Kehutanan

Dalam mewujudkan hutan yang berwawasan hijau dan terpadu ini membutuhkan transportasi yang memadai dan  berkualitas. Trakindo merupakan penyedia jasa transportasi dan alat berat yang terbaik dan siap memberikan layanan yang berkualitas dalam sektor industri dan pembangunan di Indonesia.

Trakindo ikut berpartisipasi dalam bidang kehutanan serta menjadi penyedia sewa alat berat yang terbaik dalam mewujudkan pembangunan. Rantai kehutanan merupakan kegiatan utama dalam sektor industri dan membutuhkan alat berat yang tepat dan mampu mengangkut hasil hutan yang akan dimanfaatkan oleh semua orang. Karena itu, Trakindo menjadi pilihan utama dalam mencari penyedia transportasi.

Alat Berat Untuk Sektor Kehutanan

Trakindo dapat digunakan untuk berbagai sektor, baik itu kehutanan, pertambangan, konstruksi, pertanian, perkebunan, dan energi serta transportasi. Anda dapat beli alat berat untuk sektor kehutanan sesuai dengan kebutuhan, seperti berikut.

  1. Pekerjaan Persiapan

Untuk sektor kehutanan digunakan untuk pengambilan pohon dari daerah penanaman hingga tujuan akhir. Hal pertama yang harus dibangun adalah akses jalan, kanal dan tempat tinggal pekerja beserta alat. Alat berat yang dapat digunakan untuk pekerjaan persiapan infrastruktur adalah:

  1. Cat Hydraulic Excavator
  2. Cat Track Type Tractors atau Dozer
  3. Cat Motor Grader
  4. Cat Vibratory Soil Compactor

  1. Pekerjaan Pemanenan

Untuk pekerjaan ini yaitu tahap penebangan pohon menggunakan gergaji atau felling head. Hasilnya berupa kayu besar dan diangkut untuk disimpan di tempat penyimpanan. Untuk menganggut kayu tersebut Anda dapat beli alat berat berupa:

  1. Cat Hydraulic Excavator
  2. SP 591 LX Harvester Head

  1. Pekerjaan Ekstraksi

Pekerjaan sektor kehutanan selanjutnya adalah Ekstraksi. Tumpukan kayu yang disimpan tersebut akan di ekstrasi ke TPN menggunakan transportasi darat yang dapat digunakan untuk penyimpanan log atau kayu. Trakindo mempunyai alat berat yang digunakan untuk pekerjaan ekstraksi ini yaitu:

  1. Cat Hydraulic Excavator dengan Fixed Grapple
  2. Cat Wheel Skidder