Perencanaan Awal Instalasi Panel Surya di Rumah

Sumber: https://pvinasia.com/

 

Instalasi panel surya yang sempurna dapat memaksimalkan potensi penggunaan sel surya pada rumah. Jika terdapat kesalahan sedikit saja, bisa membuat benefit berkurang. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan awal yang baik dan benar dalam pasang solar panel. Khususnya untuk pemasangan pada atap rumah.

Perencanaan Instalasi Panel Surya

Ada 4 langkah awal yang harus diperhatikan dalam instalasi panel surya. Diantaranya:

  1. Kapasitas daya

Untuk mengetahui daya listrik dari PLN pada rumah dapat dilihat pada bukti pembayaran listrik bulanan. Biasanya daya listrik rumah sekitar 1300 hingga 2200 VA. Dengan mengetahui kapasitas daya tersebut, Anda bisa menentukan jenis panel surya yang digunakan.

Setelah kapasitas daya PLN sudah diketahui. Anda bisa menghitung kebutuhan panel surya untuk instalasi tersebut. Penggunaan 2 sumber energi listrik pada rumah yaitu PLN dan panel surya harus diperhitungkan dengan matang dan mendapatkan izin dari pihak PLN.

  • Ketersediaan lahan terbuka

Hitung juga luas lahan atap yang dibutuhkan untuk instalasi. Sesuai dengan standar PUIL, lahan untuk pemasangan panel surya kurang lebih 2.5 m2 untuk memproduksi arus listrik 1 kWp atau 1000 watt listrik setiap jam. Lahan juga harus terbuka dan mendapatkan sinar matahari secara langsung.

  • Perencanaan sistem

Setelah daya dan lahan terpenuhi dengan baik. Anda juga harus merencanakan hal lain yaitu lokasi rumah Anda. Apakah di Jakarta, Cirebon, Sumatera, dan sebagainya. Arah dan type atap rumah yang akan dipasang panel surya. Kemiringan atap rumah serta jarak antara pemasangan listrik PLN dan instalasi panel surya.

Tujuan pemasangan sel surya harus jelas. Apakah untuk pendukung daya atau penghematan biaya. Karena jika semua instalasi sudah terpasang, harus mendapatkan sertifikasi laik operasi dari PLN. Pengecekan tersebut dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli dan profesional.

  • Perencanaan anggaran

Tidak pula untuk merencanakan anggaran yang Anda miliki. Anggaran sangat penting untuk menentukan produk panel surya yang digunakan. Untuk membeli baterai, SCC, inverter, penyangga yang berkualitas. Serta biaya pemasangan, karena instalasi panel surya harus dilakukan oleh tenaga ahli.

Sebagai alternatif yang ramah lingkungan, instalasi panel surya banyak diterapkan pada atap rumahSehingga banyak diterapkan pada atap-atap rumah. Bahkan banyak penyedia jasa kelistrikan yang profesional dan kompeten, salah satunya Sewatama. Jangan segan untuk menghubungi https://sewatama.com.id/ untuk memenuhi kebutuhan listrik harian Anda.

Leave a Comment