Kendaraan sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat kota. Tetapi, dengan kebutuhan yang semakin meningkat, mendapatkan kredit mobil dengan cicilan murah dan DP yang ringan pun semakin sulit. Tetapi, tenang saja, artikel ini akan memberikan Anda beberapa cara untuk mendapatkan mobil dengan kredit cicilan murah serta DP ringan. Apakah Mungkin Kredit Mobil Murah dengan DP Ringan? Jawabannya sangat mungkin. Banyak yang mengira bahwa memiliki kendaraan pribadi adalah hal yang mustahil apalagi jika gaji yang diterima sangat terbatas misalnya Rp3 juta hingga Rp5 juta sebulan. Mungkin banyak dari Anda yang tidak percaya, tetapi dengan gaji minim tersebut pun Anda dapat memiliki kendaraan pribadi dan cicilannya masih masuk akal.

Ambil Jangka Waktu Pinjaman Terlama

Semakin panjang jangka waktu pinjaman, tentu cicilan bulanan akan semakin rendah. Alasannya, pokok pinjaman akan terbagi di jangka waktu yang lebih panjang. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan kebijakan masing-masing dealer mobil. Ada yang memiliki maksimum kredit selama 5 tahun saja, ada pula yang hingga 10 tahun. Terkadang program ini disediakan pada saat promo atau hari besar di mana pihak dealer ingin mendongkrak penjualan.

Dengan harga kredit mobil sebesar Rp100 juta, dan dengan bunga pinjaman fixed sekitar 6% per tahun, jika Anda menggunakan [ihak ketiga, maka akan diketahui data sebagai berikut. Jika Anda memilih tenor pinjaman selama 5 tahun, setiap bulannya Anda harus membayar Rp2,2 juta atau Rp26 juta setiap tahun. Jika Anda memilih tenor pinjaman selama 10 tahun, maka setiap bulan Anda harus membayar Rp1,3 juta atau Rp16 juta setiap tahun. Simulasi di atas menunjukkan bahwa semakin panjang tenor pinjaman, maka semakin ringan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya. Tentu untuk mencari kendaraan dengan harga Rp100 juta sudah sangat mudah di zaman mobilisasi tinggi seperti sekarang ini.

Dengan cicilan sebesar Rp1,3 juta setiap bulannya, Anda yang memiliki gaji Rp3 juta, hanya perlu merogoh 30% pendapatan untuk memiliki mobil pribadi dan mengalokasikan sisanya untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, simulasi di atas tidak membutuhkan adanya DP (Down Payment), tetapi jika Anda telah menabung untuk membayar sejumlah DP, maka Anda dapat mencicil dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dari jumlah di atas karena pokok pinjaman yang berkurang.

Pilih Supplier yang Memberikan Bunga Terendah

Singkatnya, semakin rendah bunga pinjaman, pasti jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan juga akan semakin murah. Umumnya, bunga kredit mobil di bawah 10% per tahun. Namun tingkat bunga ini sangat bersaing dan banyak juga yang menawarkan bunga di bawah 5% per tahun. Selain itu, jenis bunga baik efektif, flat atau annuity juga dapat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan. Berikut adalah simulasi perbedaan jumlah cicilan dengan tingkat bunga serta jenis bunga yang berbeda. Simulasi Kredit: Bunga 5% vs Bunga 10%. Jumlah pokok pinjaman Rp100 juta dengan tenor pinjaman 5 tahun, dan dengan jenis bunga sama-sama fixed, maka, Anda harus membayar Rp2,1 juta setiap bulannya atau Rp25 juta setiap tahun untuk bunga 5% dan Rp 2,5 juta setiap bulannya atau Rp30 juta setiap tahun untuk bunga 10%. Simulasi Kredit: Bunga Fixed vs. Bunga Variable, Jumlah pokok pinjaman Rp100 juta dengan tenor pinjaman 5 tahun, dan tingkat bunga 10%, maka: Anda harus membayar Rp2,5 juta setiap bulannya selama 5 tahun untuk jenis suku bunga tetap dan Anda harus membayar antara Rp1,7juta hingga Rp2,5 juta setiap bulannya dengan suku bunga bervariasi.