Jika Anda sudah putuskan untuk memiliki anak dan ternyata Anda sudah mencoba bertahun-tahun dan masih gagal, mungkin Anda bertanya kenapa bisa. Sebagian orang beranggapan bahwa itu terjadi karena sperma tumpah setelah melakukan hubungan intim sehingga tak bisa membuahi. Tapi, apa benar? Baiknya, Anda kenali dulu penyebab yang sebenarnya!

  1. Salah Menentukan Masa Subur

Sebenarnya, salah satu penyebab kenapa Anda tetap tak mendapatkan anak meski rutin mencoba adalah karena salah menentukan masa subur. Rata-rata, siklus menstruasi perempuan normal adalah 28 hari dan untuk menentukan masa suburnya adalah dengan menambahkan 14 hari pertama saat masa menstruasi.

Kesalahan perhitungan inilah yang jadi patokan banyak perempuan. Padahal, sebenarnnya masa subur itu berbeda tergantung dari siklus haid seorang wanita yang sebenarnya bervariasi. Untuk menentukan masa subur, Anda bisa melakukan perhitungan mundur sebanyak 14 hari terhitung dari hari pertama haid.

  1. Masih Menjalani Gaya Hidup Tak Sehat

Kesalahan lain yang sebenarnya jadi penyebab kenapa Anda susah punya anak adalah karena kesalahan dalam menjalani pola hidup. Merokok, mengonsumsi alkohol hingga kafein berlebihan adalah penyebabnya. Mengonsumsi makanan ini terus-menerus bisa menyebabkan risiko infertilitas yang berakibat pada keguguran, kehamilan ektopik, dan lainnya.

  1. Terlalu Terpaku pada Posisi Bercinta

Masalah lainnya, Anda terpaku pada posisi bercinta. Kebanyakan orang lebih memilih posisi misionaris lalu mengangkat kaki setelah berhubungan intim agar sperma tak tumpah dan masuk ke rahim. Sesunggungnya, ini adalah kegiatan sia-sia. Tanpa Anda bantu sekalipun, sperma tetap bisa masuk ke rahim meski yang keluar dari testis hanya beberapa tetes.

Hal yang harus Anda perhatikan sebenarnya adalah kesehatan diri Anda. Pastikan ketika Anda berhubungan intim, Anda tidak merasa stres. Ini adalah kuncinya. Selain itu, baiknya periksakan kualitas sperma dan kesehatan lingkungan vagina agar sperma tak mati begitu memasukinya.

  1. Mandi Setelah Berhubungan Intim

Kebiasaan bersih-bersih diri sehabis berhubungan intim ternyata juga bisa membuat peluang hamil jadi lebih kecil. Segera mandi setelah berhubungan intim bisa membuat sperma yang masuk keluar kembali dan sisanya akan mati terlebih bila Anda membasuh atau memberishkannya menggunakan sabun dan lainnya.

Untuk itu, baiknya Anda tetap rileks dan berbaring di tempat tidur beberapa waktu setelah berhubungan intim. Jangan buru-buru bangkit dan membersihkan diri. Berikan kesempatan pada sperma untuk membuahi indung telur Anda dan memupuknya hingga terjadilah kehamilan.

Wah, ternyata ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab Anda susah hamil meski rutin mencoba, kan? Mulai sekarang, jauhilah berbagai hal yang menyebabkan kesulitan hamil itu. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter juga bila sudah terlalu lama. Untuk info dan tips lebih lanjut mengenai kehamilan dan buah hati, Anda bisa cek lebih banyak di Orami, ya!