Magelang, siapa yang tidak tahu apa-apa tentang Kabupaten Magelang? Sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah dengan candi Borobudur yang ikonik, yang namanya mendunia. Borobudur adalah candi terbesar di Indonesia. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur tidak hanya menjadi objek wisata yang sibuk, tetapi juga pusat ibadah bagi umat Buddha di Indonesia, terutama di setiap perayaan Waisak. Ini konsisten dengan arti nama “biara di pegunungan”. Borobudur saat ini masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Gereja ayam itu sendiri terletak di sebuah bukit bernama Bukit Rhema di daerah Borobudur. Gereja ayam adalah bangunan dalam bentuk ayam yang duduk di lantai dengan mahkota di kepalanya. Di sini pengunjung dapat melihat seluruh gereja ayam dengan pilar-pilar berbeda yang mengintai di sudut ekor dan jendela berbentuk bunga di setiap sisinya. Jika mereka tahu, pengunjung juga bisa melihat salib desain di langit-langit bangunan.

Pada tingkat ini, pengunjung dapat melihat pemandangan melalui jendela kecil dalam bentuk jajaran genjang yang menempel di leher. Termasuk bentang alam yang menyatu dengan tubuh ke arah ekor ayam, terlihat dari posisi ke leher ayam. Naik lagi adalah bagian mulut yang terhubung satu sama lain, warna merahnya pecah-pecah. Di bagian ini ada fasilitas untuk melihat pemandangan dari paruh ayam, tetapi sebuah balok yang terbuat dari bambu.

Begitu bugar, pengunjung juga dapat menaiki tangga ke mahkota ayam melalui lubang kecil seukuran orang dewasa Indonesia yang tidak gemuk. Untungnya saya masih langsing. Yang paling menarik adalah pemandangan dari mahkota ayam luar biasa indah.