Berikut Cara Menggunakan Energi Listrik dengan Benar

Seringnya diberitakan tentang terjadi kecelakaan dirumah seperti kebakaran yang di akibatkan karena kecerobahan pemilik rumah. oleh karenanya setiap penghuni rumah untuk selalu berhati – hati agar hal – hal yang tidak di ingikan terjadi di dalam rumah. salah satu faktor yang diperhatikan adalah penggunaan alat  yang terhubung dengan listrik, karena banyak sekali kebaran di dalam rumah dikarenakan adanya kesalahan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan listrik. Tidak hanya penggunaan yang harus hati-hati dalam memilih Alat listrik hemat energi juga perlu ketelitian, dan tentunya PT Sewatama merupakan perusahaan yang profesional dalam energi kelistrikan dan tambang. oleh karena itu penting bagi kita semua memahami cara aman menggunakan listrik untuk menghindari kecelakaan di rumah.

1. Buku panduan pemakaian

Mengerti dan tekuni pemakaian perlengkapan listrik pada buku tipsnya supaya terlepas dari beberapa hal yg tidak dikehendaki.

2. Cermati daya listrik

Dalam pemakaian perlengkapan listrik kita mesti memerhatikan daya yang sesuai sama daya listrik tempat tinggal kita. Karna pemakaian listrik yang lebih dari kemampuan daya yang terpasang punya potensi bisa mengakibatkan kebakaran. Untuk lihat daya yang digunakan untuk tiap-tiap perlengkapan, bisa kita saksikan di body alat atau kardus tempat penyimpannannya.

3. Hati-hati waktu menyalakan atau mematikan perlengkapan listrik

Cermati keadaan stopkontak waktu juga akan mencabut atau mematikan perlengkapan listrik dan janganlah mendahului mematikan perlengkapan listrik dari stopkontak segera sebelumnya alat listrik itu dimatikan terlebih dulu. Hal semacam ini untuk menghindar timbulnya bunga api yang mungkin saja punya potensi bisa mengakibatkan kebakaran.

4. Berikan sedikit ruangan di sekitaran perlengkapan listrik

Tiap-tiap perlengkapan listrik yang kita gunakan bisa menyebabkan daya panas di sekelilingnya, oleh karenanya janganlah letakan perlengkapan listrik ditempat yang tertutup karna komponen di dalamnya keluarkan daya panas yang bisa mengakibatkan perlengkapan listrik terbakar bahkan juga tidak bisa dipakai sekali lagi.

5. Janganlah sentuh perlengkapan listrik bila tangan basah

Bila tangan Anda basah janganlah sekali-kali berusaha untuk memegang perlengkapan listrik yang tengah menyala karna tangan yang basah memiliki kandungan air. Air adalah penghantar listrik baik yang bisa menghantarkan arus listrik.

6. Pakai Alat keselamatan

Bila anda akan melakukan aktivitas yang terkait dengan listrik begitu dianjurkan memakai alat keselamatan, Anda bisa memakai sepatu safety yang spesial di desain tahan pada listrik. anda bisa membelinya dengan on-line ditempat yang jual sepatu safety on-line.

6. Janganlah meletakan perlengkapan listrik dekat bahan kimia

Jauhi meletakan bahan kimia didekat perlengkapan listrik karna bahan kimia bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Bahaya kimia itu seperti obat nyamuk/cairan penghilang serangga dan minyak tanah.

7. Matikan perlengkapan listrik bila tengah mati lampu

Bila tempat tinggal Anda alami mati listrik, cepat matikan perlengkapan listrik yang terlebih dulu menyala. Ini yaitu satu diantara langkah bagaimana caranya menghemat listrik. Mungkin saja sebagian perlengkapan listrik memerlukan daya yang besar pertama kalinya dinyalakan hingga di kuatirkan listrik juga akan kembali mati bila menyalakan perlengkapan listrik itu. Pemakaian perlengkapan listrik yang berputar-putar dan berpemanas dapat juga mencederai penghuni bila menyala mendadak.

Leave a Comment