Benarkah Ada Lawan Mudah di Liga Champions?

“Manchester City selalu mendapatkan Pot mudah di fase grup” atau “Real Madrid bayar berapa sih kok musuhnya gampang terus?”. Ungkapan-ungkapan diatas seringkali kita dengar setiap kali liga champions digelar. Banyak orang menyebut beberapa kesebelasan besar kerap dipertemukan dengan kesebelasan kecil setiap tahunnya, lantas benarkah demikian? Livescore31 bisa setuju bisa juga tidak. Kami setuju jika yang dimaksud dengan kesebelasan kecil melawan kesebelasan besar adalah kesebelasan dengan kekuatan finansial lemah dan mempunyai komposisi skuat kurang dalam melawan kesebelasan kaya raya yang mampu menghadirkan pemain bintang disetiap lininya. Tapi kami sangat tidak setuju jika kesebelasan kecil kemudian dianggap sebagai lawan yang mudah.

Liga champions bukanlah kompetisi abal-abal. Liga champions merupakan kompetisi paling elit di eropa yang hanya bisa diikuti oleh kesebelasan besar atau kesebelasan semenjana yang mampu tampil fantastis di liga domestik mereka masing-masing. Sekecil apapun anggapan orang-orang terhadap sebuah tim, mereka tetaplah tim yang tangguh musim ini jika berpartisipasi di Liga Champions. Daripada menyebut mereka sebagai kesebelasan kecil, rasanya lebih tepat jika menyebutnya kesebelasan kuda hitam. Seperti pada liga champions edisi kali ini. Beberapa tim tanpa tradisi yang kuat di liga champions berhasil mengalahkan nama-nama besar yang sudah malang melintang di kompetisi ini. Lyon mengalahkan Manchester City, RB Leipzig mengalahkan Atletico, Lyon mengalahkan Juventus, dan ada Atalanta yang hampir saja mengalahkan raksasa Perancis Paris Saint Germain. Hal tersebut tentu saja menjadi bukti bahwa tidak ada tim lemah di liga champions. Skuat bertabur bintang tidak serta merta bisa mengalahkan skuat “seadanya” begitu saja. Tidak percaya? Tanyakan saja pada Pep Guardiola.

Perempat final musim ini sedikit unik. FC Bayern Muenchen, RB Leipzig, PSG dan Lyon adalah nama-nama yang masih memiliki asa untuk menjadi juara. Hanya FC Bayern Muenchen yang pernah mengangkat si kuping besar sebelumnya. Dengan kata lain besar harapan pada liga champions musim ini akan melahirkan juara baru dari tim yang disebut sebagai Kuda Hitam.

Leave a Comment