Untuk generasi muda, ada peningkatan permintaan untuk ekonomi kreatif karena memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) juga meningkat.

PDB kreatif Indonesia pada 2016 telah mencapai 922,59 triliun dan diperkirakan akan melampaui 1.000 triliun pada 2017 dan meningkat hampir 1.102 triliun pada 2018. Mengutip publishersperspectives.com, pasar lisensi telah mencapai $ 280,3 miliar di seluruh dunia, meningkat 3, 2% dari $ 271,6 miliar pada tahun 2017.

Peluang besar bagi industri kreatif ini menyerukan kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk membawa sepuluh IP (kekayaan intelektual) anak-anak di negara itu untuk pameran di China Licensing Expo 2019 di Shanghai, 24-26 April. Juli, 2019.

Mereka yang melakukan perjalanan berasal dari lima IP terpilih dalam program KATAPEL batch 1, yaitu Hey Blo !, Comic Ga Clear, Tahilalats, Garudayana dan Educa Studio, dan lima lainnya, yaitu Mintchan, Gugug!, Komik Ghfostys, Komik Ghfostys, Manguni Pemilihan Satria Dewa Gatotkaca. Pameran ini dihadiri oleh pemilik merek, calon investor dan pembeli lisensi.

“Industri kreatif sangat bergantung pada kekuatan permodalan HKI untuk mencapai nilai tambah ekonomis. China adalah salah satu pasar komersialisasi IP terbesar mengingat populasi besar dan potensi ekonomi, “kata Ricky Pesik, wakil kepala Bekraf.

Ricky berharap bahwa melalui program ini ekonomi kreatif nasional, berdasarkan kapitalisasi IPR atau penjualan lisensi kerja, dapat bersaing secara global untuk merangsang peningkatan ekspor dan produk domestik bruto (PDB) dalam ekonomi kreatif.

Direktur pemasaran yang ditangkap, Joshua Simanjuntak mengatakan bahwa karya kreatif yang mempromosikan berbagai budaya lokal harus dikemas sehingga dapat terus dinikmati di seluruh dunia. “Kami ingin produk IP kreatif bagi anak-anak di negara ini berkembang sejauh mungkin, menjadikan ekonomi kreatif salah satu pilar terpenting pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

KATAPEL di arena internasional mulai berpartisipasi dalam Hong Kong International Licensing Show, yang berlangsung pada awal 2019. 5 IP teratas dipilih dalam KATAPEL Gelombang 1, Hey Blo !, Komik Tidak Jelas, Matic Emak, Tahilalats, dan Garudayana memiliki kemampuan jaringan , cari mitra bisnis dan pertunjukan di stan mereka, yang DIBUTUHKAN.